Klasifikasi Protozoa Secara Lengkap: Jenis, Macam dan Contoh Protozoa

Posted on

Mengenal Lebih Dalam tentang Klasifikasi Protozoa secara lengkap tentu sangatlah penting. Namun, sudah tahukah kamu kalau ternyata Protozoa tidak tergolong dalam kingdom animalia atau hewan, namun Protozoa digolongkan dalanm kingdom protista? bagaimana klasifikasi protozoa secara lengkap berdasarkan alat geraknya? apa sajakah jenis jenis protozoa ini? Serta satu lagi yang tak kalah penting ialah contoh hewan protozoa. Jika ingin tahu semuanya, atau hanya sekedar mempersegar ingatan yang mulai dilupakan. Langsung disimak saja ya berikut ini.

Klasifikasi Protozoa secara Lengkap

Klasifikasi Protozoa Secara Lengkap - Jenis Macam dan Contoh Protozoa
Klasifikasi Protozoa Secara Lengkap – Jenis Macam dan Contoh Protozoa

Protozoa merupakan makhluk hidup bersel tunggal atau uniseluler. Nah, di dalam kingdomnya, terdapat beberapa klasifikasi Protozoa dimana dasar pengelompokkan tersebut dibagi menjadi beberapa kelas. Nah, untuk pengelompokkannya, Protozoa diklasifikasikan berdasarkan alat geraknya. Klasifikasi protozoa ini selanjutnya dibagi menjadi empat kelas. Untuk mengetahui klasifikasi Protozoa secara lengkap, simak saja penjelasan lengkap berikut ini.

  • Flagellata

Dari namanya, dapat diketahui bahwa protozoa yang termasuk dalam Filum Mastigophora atau Flagellata ini bergerak dengan bantuan satu atau lebih flagela. Sedangkan, bentuk flagela adalah menyerupai cambuk. Letaknya berada di ujung anterior tubuhnya. Selain untuk alat gerak, flagela juga digunakan untuk mengetahui keadaan lingkungan tempat protozoa ini hidup.

  • Rhizopoda

Protozoa yang diklasifikasikan berdasarkan Filum Sarcodina ini bergerak dengan menggunakan kaki semu yang juga disebut dengan pseudopodia. Kaki semu ini merupakan perluasan dari protoplasma, sehingga protozoa tersebut dapat bergerak pada suatu permukaan. Selain untuk alat gerak, kaki semu ini juga digunakan sebagai alat bantu mencari makan dengan menelan partikel-partikel makanan di sekitarnya.

  • Sporozoa

Sporozoa merupakan satu-satunya anggota Protozoa yang tidak memiliki alat gerak. Namun, bukan berarti Sporozoa tidak mampu bergerak. Mereka bergerak dengan cara meluncurukan tubuhnya dalam medium tempat tinggalnya. Sporozoa hidup sebagai parasit, sehingga tempat tinggalnya dijadikan tempat makanannya dengan menyerap nutrisi inangnya.

  • Ciliata

Ciliata merupakan anggota Protozoa yang menggunakan rambut getar atau silia sebagai alat geraknya. Selain sebagai alat gerak, silia juga berfungsi untuk mengumpulkan makanan dengan membentuk efek pusaran air melalui silia yang terdapat di sekitar rongga-rongga mulut. Ciliata banyak ditemui di area persawahan, rawa, dan tanah becek.

Nah, itu dia macam-macam protozoa dan gambarnya. Ternyata, terdapat banyak pengelompokkan protozoa berdasarkan alat geraknya. Namun, tidak hanya sampai di situ saja. Selanjutnya, akan dibahas mengenai contoh-contoh protozoa berdasarkan pengelompokkan di atas.

Contoh Hewan Protozoa

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui klasifikasi Protozoa berdasarkan alat geraknya. Selanjutnya, akan diberikan contoh hewan protozoa berdasarkan kelas-kelas yang sudah dijabarkan di atas. apa sajakah itu? Lihat dibawah ini

  1. Dalam Filum Sarcodina atau Rhizopoda, contoh protozoa yang terkenal adalah Amoeba. Amoeba tergolong menjadi beberapa jenis yang diantaranya adalah Entamoeba, Foraminifera, dan Radiolaria.
  2. Untuk Filum Mastigophora atau Flagellata, jenis-jenis protozoa yang termasuk dalam kelas ini diantaranya adalah Trichonympha, Myxotricha, Trypanosoma gambiense, Giardia lamblia, dan Leishmania donovani.
  3. Untuk Filum Ciliophora atau Ciliata, contoh protozoa yang termasuk di dalam kelasnya adalah Paramecium.
  4. Sedangkan untuk Filum Sporozoa, jenis protozoa yang ada dalam kelasnya adalah Plasmodium dan Toxoplasma gandii.

Kesimpulannya, klasifikasi yang dibuat untuk makhluk hidup bersel tunggal ini digolongkan menjadi empat kelas atau filum, yakni Rhizopoda, Sporozoa, Ciliata, dan Flagellata. Klasifikasi Protozoa ini akan lebih memudahkan Anda untuk mengenal, mengetahui, serta mempelajari jenis atau macam protozoa.

Berikut itulah Klasifikasi Protozoa Secara Lengkap yang didalamnya juga dijelaskan mengenai jenis-Jenis dan Macam dari protozoa itu sendiri. Dibagian akhir artikel ini juga telah kita berikan pula Contoh Protozoa sebanyak 4 buah agar kamu bisa lebih mudah memahami penjelasan yang ada sebelumnya.

Baca: Kumpulan Status Galau Cinta Bertepuk Sebelah Tangan