Pengertian Mutasi Gen (Mutagen/Mutan): Macam, Penyebab dan Contoh

Posted on

Pengertian Mutasi dalam Biologi pasti sering kali tersengar. Sebenarnya apa sih pengertian mutasi gen (mutagen/mutan) itu? Apa saja macam macam mutasi yang ada? apa juga penyebab mutasi serta contoh mutasi itu sendiri? Sebenarnya banyak di film-film misalnya saja x-men yang berbicara soal mutasi gen atau kerap kali juga disebut mutan. Nah, benarkah itu memang ada didunia nyata? Kalau ada seperti apa sih? Jika ingin tahu lebih jauh langsung saja disimak dibawah ini.

Pengertian Mutasi Gen (Mutagen):

Pengertian Mutasi Gen (Mutagen-Mutan) Macam Penyebab dan Contoh
Pengertian Mutasi Gen (Mutagen-Mutan) Macam Penyebab dan Contoh

Dalam biologi, pengertian mutasi adalah perubahan materi genetik gen maupun kromosom dari suatu sel makhluk hidup. Mutasi biasa terjadi pada seseorang bukan karena faktor keturunan karena mutasi sendiri dapat berarti perubahan dan bukan penurunan.

Untuk lebih jelasnya, ikutilah penjelasan-penjelasan tentang mutasi di bawah ini agar dapat mengetahui lebih banyak tentang mutasi:

  • Macam Mutasi Gen (Mutagen) dan Penyebabnya

Dalam ilmu biologi, ada macam-macam mutasi yang memiliki arti yang berbeda-beda pula. Namun, untuk mutasi yang dapat terjadi dalam tubuh manusia hanya terdapat 2 macam saja; yang pertama adalah mutasi kromosom yang mana pengertian mutasi ini adalah suatu kondisi dimana terjadi perubahan terhadap kromosom manusia yang kemudian disertai dengan perubahan struktur dan jumlah kromosom.

Kemudian yang kedua adalah mutasi gen yang mana pengertian mutasi gen ini adalah suatu keadaan pada gen dimana terdapat perubahan pada pasangan basa dalam satu gen tunggal yang bersifat kimiawi yang menyebabkan perubahan sifat manusia namun tidak ada perubahan jumlah maupun susunan kromosomnya.

Perubahan genetik ini dapat disengaja namun banyak juga yang mendapatkan penyakit dari mutasi kromosom ataupun gen. Contoh mutasi yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari adalah orang yang memiliki penyakit Down Syndrome. Orang yang memiliki penyakit ini mengalami mutasi kromosom dan sebagai akibatnya ia akan memiliki IQ yang rendah, mata sipit, liur yang tidak terkontrol, serta memiliki daya tahan yang lemah.

  • Mutan dan Mutagen benarkah ada?

Pengertian mutan dalam istilah biologi adalah seseorang yang mengalami mutasi gen atau kromosom yang contohnya sudah disebutkan diatas. Dalam dunia fantasi dan perfilman, kita mungkin biasa melihat mutan sebagai pahlawan super namun pada kenyataannya mutan adalah seseorang yang menderita. Lalu apakah penyebab mutasi tersebut? Pada dasarnya seseorang dapat mengalami mutasi karena terdapat mutagen yang membentuk mutasi tersebut. Pengertian mutagen itu sendiri adalah agen yang membawa perubahan serta kerusakan pada DNA dari suatu makhluk hidup; kerusakan DNA ini dapat berujung pada kanker.

Mutasi dalam istilah biologi adalah sebuah perubahan DNA makhluk hidup yang disebabkan oleh sebuah agen pengubah dan perusak DNA yaitu mutagen. Namun jangan samakan mutasi dalam konteks biologi dengan konteks pekerjaan atau mutasi kerja. Mutasi kerja adalah pemindahan lokasi karyawan dari lokasi satu ke lokasi lain yang mungkin berada di luar kota, pulau, atau Negara.

Bagaimana? Sudah paham apa itu mutasi dalam istilah biologi? Mutasi pada DNA makhluk hidup akan terasa menyenangkan pada dunia perfilman namun dalam kehidupan nyata mutasi merupakan hal yang menyusahkan. Dari pengertian mutasi, contoh, serta fakta-fakta lain tentang mutasi diatas, kesimpulan apa yang Anda peroleh?

Semoga penjelasan yang ada diatas seputar Pengertian Mutasi Gen (Mutagen/Mutan) bisa menambah wawasan anda semuanya.

Baca: 13 Merk Pomade Termahal yang Paling Bagus