Pengertian Penginderaan Jauh (Inderaja): Komponen, Unsur, Jenis dan Manfaat

Posted on

Pengertian Penginderaan Jauh (Inderaja) mungkin jadi hal wajib untuk kamu ketahui, terutama yang sedang belajar soal Geografi. Lantas apa sih pengertian penginderaan jauh menurut para ahli ini? Apa sajakah komponen penginderaan jauh tersebut dan unsur-unsur penginderaan jauh ini?  apa juga manfaat penginderaan jauh yang bisa diperoleh jika kamu mempelajarinya. Jelaskan pula jenis citra penginderaan jauh. Tak usah bingung lagi jika soal pertanyaan semacam itu muncul. Karena semua akan coba kami jawab melalui artikel yang ada dibawah ini.

Penginderaan Jauh : Pengertian, Komponen, Manfaat dan Jenisnya

Pengertian Penginderaan Jauh Komponen Unsur Jenis dan Manfaat
Pengertian Penginderaan Jauh (Inderaja) Komponen Unsur Jenis dan Manfaat

Pengertian penginderaan jauh adalah pengukuran obyek tertentu dari jarak jauh. Jadi, alat pengukur tidak melakukan kontak langsung dengan obyek yang diukur. Meskipun penginderaan jauh sering dikaitkan dengan ilmu astronomi, nyatanya saat ini penggunaannya masih umum dalam mengamati cuaca dan terestrial. Sebenarnya, apa itu penginderaan jauh?

  • Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian penginderaan jauh atau disingkat Inderaja adalah sebuah proses dalam mengumpulkan informasi mengenai suatu objek atau wilayah yang dilihat dari kejauhan menggunakan berbagai komponen, seperti pesawat, satelit, maupun kendaraan bawah air. Terdapat pula beberapa pengertian penginderaan jauh menurut para ahli, diantaranya:

  1. American Society of Photogrammetry, mendefinisikan Inderaja sebagai perolehan atau pengukuran informasi dari beberapa fenomena maupun sifat objek menggunakan tape recorder yang bertujuan menghindari kontak fisik dengan fenomena atau objek yang diteliti.
  2. Lindgren, mendefinisikan Inderaja sebagai pengembangan cara untuk menganalisis perolehan informasi mengenai bumi.
  3. Kiefer, mendefinisikan Inderaja sebagai ilmu dan seni memperoleh informasi mengenai sebuah objek untuk dianalisis dengan menggunakan alat tanpa kontak secara langsung.

 

  • Komponen Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh adalah sebuah koordinasi sistem yang terdiri atas unsur-unsur penginderaan jauh yang mampu bekerjasama dan saling berkaitan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tujuan dilaksanakannya penginderaan jauh.

Beberapa komponen penginderaan jauh diantaranya adalah sumber tenaga, atmosfer, interaksi antara tenaga dan objek, sensor, data masukan (input data), dan pengguna data (user).

  • Manfaat Penginderaan Jauh

Informasi dan teknologi penginderaan jauh sangat dibutuhkan, khususnya oleh para ahli geologi yang memiliki tanggung jawab dalam penanggulangan bencana alam. Dengan dilakukannya penginderaan jauh, ahli geologi dapat mengetahui dan memprediksi adanya potensi bencana, serta mampu melokalisir wilayah rawan bencana.

Manfaat penginderaan jauh lainnya adalah mampu memantau wilayah yang terdampak bencana alam, menentukan struktur geologi, memantau pencemaran laut, memantau penyebaran sumber daya alam, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu geologi.

Jenis Citra Penginderaan Jauh

Citra merupakan gambaran visual yang terlihat atau terekam pada alat penginderaan jauh yang digunakan. Jenis citra penginderaan jauh dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Citra Foto

Citra foto merupakan interpretasi citra penginderaan jauh yang menampilkan sebuah bentuk objek, ditangkap dengan alat pemotret, dan dibuat di atas pesawat terbang. Hasilnya lebih dikenal dengan foto udara.

  • Citra Non-foto

Citra non-foto merupakan gambaran sebuah objek yang ditangkap dengan menggunakan sensor dari satelit. Hasilnya lebih dikenal dengan foto satelit.

Jadi, pengertian penginderaan jauh (Inderaja) yang asli sekarang sudah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Penginderaan jauh menjadi terobosan penting untuk memberikan informasi dan data yang cepat dan akurat. Tidak diragukan lagi, penemuan-penemuan dan pengembangan baru akan terus muncul sehubungan dengan penginderaan jauh dan memajukan kehidupan manusia.

Nah, berikut itulah segala hal mengenai Penginderaan Jauh yang perlu kamu ketahui. Mulai dari pengertian penginderaan jauh menurut para ahli, Komponen hinga Manfaat dan Jenis-jenis penginderaan jauh yang ada dan contoh konkret penggunaannya didalam kehidupan sehari-hari.

Baca: Kumpulan Cerita Lucu Terbaru